Sakit punggung adalah suatu kondisi yang harus dihadapi banyak orang pada tahap tertentu dalam hidup mereka. Ada banyak penyebab sakit punggung yang berbeda, tetapi penyebab umumnya adalah cakram yang menggembung. Ini adalah salah satu cedera tulang belakang yang paling membuat frustrasi untuk disembuhkan dan menyebabkan banyak rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit pada diskus yang menggembung, bantuan diri untuk nyeri saraf yang dapat membantu Anda menghindari operasi. Disk yang menonjol di daerah pinggang, punggung bawah adalah yang paling umum, dan inilah yang akan kita bahas hari ini.

Apa Itu Disk yang Menggembung?

Di tulang belakang kita ada banyak tulang kecil yang disebut tulang belakang. Masing-masing vertebra ini dipisahkan oleh sebuah cakram. Cakram sangat penting untuk fungsi punggung kami, dan memberikan banyak dukungan. Setiap cakram memiliki banyak lapisan jaringan ikat yang melilit lapisan luarnya, yang disebut anulus fibrosus. Di dalam jaringan ikat ini terdapat zat yang bisa disamakan dengan jeli, yang sebenarnya disebut nukleus pulposus. Itu bisa berubah bentuk dan bergerak. Saat zat seperti jeli lembut ini mendorong lapisan luar jaringan ikat cakram, dan menciptakan tonjolan, inilah saat cakram menggembung. Jika tonjolan mendorong dan merusak jaringan ikat luar, ini dikenal sebagai cakram hernia. Berikut adalah gambar yang mengilustrasikan cakram menggembung dan cakram hernia.

Baca Juga: Keindahan Bingkai Foto Akrilik

Rasa sakit yang Anda rasakan dari cakram yang menggembung terjadi karena cakram tersebut menekan saraf yang berhubungan dengan sumsum tulang belakang. Sehubungan dengan diskus yang menggembung, terkadang Anda mungkin tidak merasakan sakit untuk waktu yang lama. Jika tidak menekan saraf, Anda tidak akan merasakan apa-apa. Berikut adalah gambaran yang lebih baik untuk menjelaskan apa yang terjadi ketika tonjolan cakram mengenai saraf.

Gejala Disk Yang Menggembung

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda dapat memiliki tonjolan disk dan untuk waktu yang sangat lama bahkan tidak mengetahuinya. Selama tidak menekan saraf akar, Anda tidak akan menunjukkan gejala apa pun. Bagi mereka yang mengalami nyeri, gejala yang umum dirasakan di daerah punggung bawah. Itu bisa terletak di tengah, atau di kedua sisi tulang belakang. Ingat, tempat pengobatan syaraf kejepit di pekanbaru dan jakarta saraf dapat menyebabkan rasa sakit menjalar dari area yang sebenarnya rusak. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin merasakan sakit menjalar ke kaki, pantat, paha, tungkai bawah, dan bahkan kaki. Hal yang biasa untuk dirasakan:

  • Kejang Otot
  • Pin dan jarum
  • Kelemahan otot

Gejala dan nyeri ini biasanya lebih buruk saat melakukan gerakan seperti mengangkat, membungkuk ke depan, dan duduk. Tema umum di sini adalah punggung bawah dalam posisi fleksi. Ingat gambar di atas, dan Anda dapat melihat bahwa tonjolan sebenarnya terjadi di bagian belakang tulang belakang. Ini berarti bahwa saat Anda melakukan fleksi, atau Anda membungkuk ke depan karena alasan apa pun, Anda memberikan lebih banyak tekanan ke bagian belakang cakram, dan akibatnya mendorong tonjolan lebih jauh. Inilah sebabnya mengapa batuk dan bersin dapat memperparah rasa sakit, karena Anda secara otomatis melakukan fleksi paksa mini, melakukan apa yang sebenarnya tidak perlu Anda lakukan.

Penyebab Disk Melotot

Sekarang setelah Anda memahami anatomi, dan di mana tonjolan sebenarnya terjadi dan rasa sakit yang Anda rasakan, Anda akan lebih memahami apa yang sebenarnya menyebabkan tonjolan cakram. Ada tiga hal yang biasanya menyebabkan tonjolan diskus atau herniasi diskus.

  • Membungkuk ke depan
  • Duduk
  • Pengangkatan

Jika ada kekuatan yang cukup, pengulangan yang cukup, atau gerakan berlangsung cukup lama, Anda berisiko. Faktanya adalah bahwa sifat kehidupan kita hari ini berarti bahwa kita cukup sering berada dalam fleksi banyak waktu. Tambahkan semua ini bersama-sama, salah satu dari tiga gerakan ditambah kekuatan, pengulangan dan waktu, Anda memiliki resep untuk bencana. Anda meletakkan disk di bawah banyak tekanan, dan pasti ada satu gerakan yang salah yang akan menyebabkan cedera.

Klinik Utama Terbaik & Terpercaya – Syaraf Kejepit >>> https://youtu.be/sE_LsKhDBPI