Bila Kamu baru saja bermain koi, Kamu dapat memilah ketiga tipe koi tersebut. Umumnya yang bermutu baik( koi import) biayanya dapat sangat mahal.

Nah, bila Kamu ingin membeli koi, coba perhatikan metode memilah ikan koi berikut, supaya Kamu tidak salah seleksi.

First Impression

Metode memilah ikan koi yang awal, Kamu butuh mencermati first impression, maksudnya gimana kesan awal dikala memandang koi tersebut. Dapat dibilang poin ini merupakan cerminan secara universal dari koi.

Kamu dapat amati kala baru awal kali menjumpainya, apakah koi nampak bagus ataupun biasa saja.

Bila Kamu telah kepincut pada pemikiran awal, berikutnya Kamu dapat amati lebih khusus lagi faktor- faktor yang lain.

Sebagian kontes ikan hias pula memakai aspek first impression bagaikan bagian dari evaluasi mereka.

Body Koi

Ikan koi yang bagus ikan koi blitar , mempunyai body yang sepadan, tidak kurus serta tidak sangat gendut.

Sangat bagus, koi yang anatominya mirip“ torpedo”, jadi agak gendut di bagian tengah, serta mengecil di kepala serta ekornya. Ini dapat dilihat dari atas, jangan dari samping.

Koi ialah ikan hias yang sangat bagus dipelihara di kolam, sebab dia tercantum ikan yang keindahannya dapat dilihat dari atas( bagian punggung).

Banyak ditemui dipasaran koi yang bertubuh gempal, tetapi sayangnya mempunyai perut yang buncit.

Tetapi, jika Kamu membeli ikan- ikan langsung import dari Jepang, umumnya perut mereka tidak hendak buncit.

Corak yang Baik

Salah satu energi tarik ikan koi merupakan dari segi corak, tetapi ini tergantung pada tipe koi itu sendiri.

Koi yang bermutu baik, hendak mempunyai corak terang cocok dengan jenisnya.

Misalnya kohaku, dikatakan kohaku yang bagus apabila dia mempunyai corak merah cerah serta putih bersih tidak kekuningan.

Showa, mempunyai corak dasar gelap pekat dengan merah kontras serta putih yang bersih. Tidak hanya itu, komposisi rupanya menyeluruh.

Sanke, mempunyai corak dasar putih salju dengan warna merah mencolok serta gelap pekat. Komposisi rupanya pula menyeluruh.

Oleh karena itu, saat sebelum membeli ikan, hendaknya Kamu cari ketahui dahulu tipe apa yang mau dibeli, sehingga Kamu hendak mengenali gimana corak terbaik buat tiap- tiap tipe.

Garis Warna

Yang diartikan garis corak merupakan batasan antara corak warna. Jadi, koi yang baik itu mempunyai garis pembatas yang jelas, tidak hadapi gradasi corak.

Perbandingan batasan corak merah serta putih misalnya, disana tidak ada gradasi, namun lebih tajam perbedaannya

Sisik Ikan

Tiap memilah ikan hias tipe apapun, yakinkan sisiknya masih utuh serta tidak ada bercak- bercak corak, tercantum metode memilah ikan koi yang bagus.

Bila sisik ikan rusak, terdapat mungkin koi tergores barang tajam, ataupun terdapat salah penindakan kala handling ikan.

Sirip

Bagian sirip ini pula berarti buat dicermati. Sebagian penyakit ikan, bisa menimbulkan sirip jadi grepes. So, jika memandang koi yang siripnya grepes, dapat jadi sebab terserang penyakit.

Namun perihal tersebut belum dapat ditentukan pula, sebab dapat saja sirip rusak sebab tergores, ataupun digigiti ikan yang lain.

Tidak butuh takut, sirip ikan yang grepes sebab gigitan ikan lain, umumnya bisa berkembang lagi dalam sebagian waktu.

Tetapi, bila Kamu telah memandang sirip ikan koi grepes di toko, hendaknya tidak harus membelinya. Ingat, tujuan Kamu merupakan membeli ikan yang bagus, bukan ikan yang tergores!

Gerakan Gesit

Salah satu metode memilah ikan koi, dapat dilihat secara sekilas dengan mencermati gimana metode dia berenang. Apakah gesit, aktif serta berenang secara berkelompok.

Jika menciptakan ikan yang pasif serta menyendiri dipojokkan( tidak berkelompok), terdapat mungkin ikan koi tersebut lagi sakit.

Doyan Makan

Ikan yang masih doyan makan, ialah salah satu penanda ikan sehat.

Kebalikannya, ikan yang nafsu makannya menurun, terdapat mungkin ikan lagi hadapi kendala, baik itu dari segi kesehatan, ataupun mentalnya.

Dianjurkan buat memilah koi yang nafsu makannya masih baik, maksudnya dikala ditebar pellet, ikan hendak langsung reaksi mencium bau amisnya.

Dikala ikan masih doyan makan, ikan hendak terus bisa konsumsi gizi, sehingga dia tidak hendak gampang sakit serta pertumbuhannya hendak berjalan optimal.

Sesuaikan Dengan Budget

Kadangkala tidak dapat dibohongi, ikan yang biayanya lebih mahal, mempunyai mutu yang lebih baik secara totalitas.

Disini, Kamu dapat membiasakan dengan budget yang Kamu miliki.

Bila Kamu memiliki budget lebih serta mau membeli ikan dengan mutu terbaik, Kamu dapat memilah koi import Jepang dari farm ternama, semacam Sakai, Maruyama, Niigata serta yang lain.

Kamu tidak butuh langsung tiba ke Jepang, sebab dealer- dealer spesial ikan import telah banyak di Indonesia.

Yang berarti, yakinkan Kamu menemukan sertifikat keaslian ikan. Ikan dari breeder- breeder yang tersebut di atas, menghasilkan sertifikat otentik pada tiap ikan yang mereka jual.

Harga ikan import ini bermacam- macam, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta Rupiah, bergantung dari dimensi serta gradenya.

Jika mempunyai budget yang tidak sangat besar tetapi mau ikan bagus, Kamu dapat membelinya dari breeder lokal. Breeder lokal ini pula memiliki mutu ikan koi yang tidak kalah baik, walaupun tidak sebaik impor.

Cobalah Kamu membeli koi- koi dari Blitar serta Sukabumi. Koi Blitar populer sebab mutu lokalan yang sangat baik.

Biayanya juga relatif lebih murah dari Koi Import, berkisar antara puluhan ribu sampai jutaan, tergantung dimensi serta keelokan ikan.